Dibutuhkan Teknisi Komputer Segera Kirim CV ke scs.bali@gmail.com

Cara Service Printer Canon iP1980 Baris Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus

Posting Kali ini Saya akan mencoba menuliskan tentang Cara Service Printer Canon iP1980 Baris Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus. Kasus ini pernah dialami oleh salah satu Sobat Solution. Bagi Sobat yang ingin tahu tentang kasus ini, silahkan di simak ....

Indikasi awal :
 
Hasil Print tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk print garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut hasil printnya :

undefined
Cara Service Canon iP1980 Baris Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :
  • Bongkar Printer Canon iP1980 Sobat. Mohon maaf untuk panduan bongkar belum ada. Urutannya buka tutup samping kanan kiri dengan mendorong ke belakang, baru kemudian tutup bagian tengahnya. 
  • Amati Encodernya. Encoder adalah pita sensor yang terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :

undefined
undefined
undefined 
  • Kalau kasus Saya : Encoder terkena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di Encoder tersebut. Untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, tapi Saya mencoba cara berikut yaitu dengan merendam Encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta yang menempel Saya  coba bersihkan dengan menggunakan kuku tangan. Tapi jangan sampai baris kodenya hilang/terhapus. Kalau sampai hilang/terhapus berarti Sobat harus mencari Encoder yang masih bagus (baru).
  • Jadi penyakitnya adalah Encoder yang terkena cipratan tinta. Dan akibatnya hasil print jadi kacau dan tidak lurus, bahkan ada tulisan yang kelihatan patah seperti teriris.
  • Selesai. ...

* Kasus ini tidak hanya terjadi pada Printer Canon  iP1980 tapi bisa juga terjadi di Printer Canon type lainnya yang memiliki Encoder sebagai penuntun Head Carriage untuk bergerak.


Selamat mencoba .......

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...