Dibutuhkan Teknisi Komputer Segera Kirim CV ke scs.bali@gmail.com

Tips Mengatasi Laptop Hang

Seringkali laptop hang di waktu yang tidak tepat. Ketika sedang mengerjakan tugas yang deadline-nya besok, laptop hang terus setelah beberapa menit. Tentu saja ini sangat mengganggu, disamping kerjaan kita menjadi tertunda, yang paling menyebalkan ialah sudah mengetik beberapa halaman dengan susah payah, tiba-tiba laptop hang sedangkan file-nya belum di save, arghh!!. Ingin sekali rasanya membanting laptop, tapi toh itu tidak menyelesaikan masalah, lebih baik kita mempersiapkan diri sebelum hal itu terjadi.


Ya, laptop hang memang pasti ada sebabnya. Dan kita harus tahu penyebab umum laptop hang (tidak boleh tidak! :)). Disini saya akan membahas penyebab laptop hang dan cara mengatasinya,, cekidot!.

Penyebab utama laptop hang ialah karena beban akses yang dijalankan melebihi kemampuan proccessor pada laptop kita, salah satu penyebabnya menggunakan laptop lebih dari dua jam tanpa cooling pad/ kipas pendingin, sehingga suhu pada proccessor menjadi tinggi dan melebihi batas maksimal yang bisa ditahan proccessor. Perlu diingat Laptop berbeda dengan PC dari segi ruang penempatan komponennya. Laptop akan lebih cepat panas.

Cara mengatasinya, selalu gunakan cooling pad, terutama jika pemakaian lebih dari 2 jam. Lain halnya jika anda memakai laptop ditempat ber-AC, tentu tanpa cooling pad pun tidak masalah. Karena suhu ruangan akan otomatis menstabilkan kerja proccessor. Jangan sering kali memakai laptop tanpa coolingpad dalam jangka waktu lama karena hal ini akan menyebabkan proccessor overheat (terlalu panas) dan kemudian rusak.

Kurangi akses software dalam jumlah banyak secara bersamaan. Hal ini akan memberatkan kerja memory. Atau jika kerjaan anda mengharusakan banyak program diakses secara bersamaan, lakukan upgrade memory laptop.
Maksudnya anda harus menambah kapasitas memory laptop anda. Karena salah satu gejala hang pada laptop selain pada proccessor adalah terletak pada memory. Memory kurang atau memory rusak menyebabkan hang pada laptop.
Pastikan PC yang tertera pada memory laptop anda sama atau mendekati (semakin dekat maka memory akan semakin support dan kerjanya akan maksimal), karena kalau tidak sama, tidak akan support atau malah semakin memperlambat kerja laptopa. PC pada memory biasanya tertera pada labelnya misalkan PC4200, PC5300, PC6400.

Upgrade antivirus dan scan semua file anda sehingga terbebas dari virus. Ini juga salah satu penyebab laptop anda hang. Banyak virus akan merusak kerja system dan memberatkannya. Jika virus dalam laptop anda banyak dan melebihi 100 virus, maka langkah terbaik instal ulang laptop anda.

Defrag HDD (Harddisk) anda, fungsinya untuk merapikan file-file anda. File-file yang banyak berserakan juga termasuk salah satu penyebab hang pada laptop.

Lakukan defragmentation (defrag) hanya jika anda memasukan file berukuran lebih dari 1gb dalam beberapa folder. Jangan terlalu sering defrag HDD karena akan menurunkan performa HDD laptop anda. Lakukan hanya untuk langkah terakhir.


Cara defrag:
  • Klik kanan My Computer
  • Klik manage
  • Klik defragmenter
  • Pilih drive yang akan di defrag C/D
  • Klik defragment
  • Biarkan proses defrag sampai selesai merapikan file anda
  • Close program

Cara kedua:
  • Klik menu start > program > accessories > system tools > Disk Defragmenter
  • Pilih drive yang akan di defrag
  • Klik Defragment
  • Biarkan proses defrag sampai selesai merapikan file anda
  • Close program

Jadi untuk mengatasi hang pada laptop, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah (dan menyenangkan) saja), yaitu:
  1. Pergunakan cooling pad saat menggunakan laptop (terutama pemakaian lebih dari 2jam)
  2. Kurangi akses software secara bersamaan
  3. Upgrade memory
  4. Bebaskan file dari virus dengan upgrade antivirus
  5. Defragment HDD laptop
 Semoga bermanfaat ........

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...