Dibutuhkan Teknisi Komputer Segera Kirim CV ke scs.bali@gmail.com

Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap


Kali ini adalah tentang Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap. Kasus ini sangat sering terjadi, tidak hanya terjadi pada LCD merk ini, tapi merk lain pun kasusnya sama. Mau tau cara servicenya ...?

Indikasi Kerusakan :
Ketika LCD dinyalakan, led power nyala, dan kadang nyalanya kedip-kedip, tapi layar tidak ada gambar sama sekali alias gelap.

Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap :


  • Buka ke lima sekrup LCD dibagian belakang. Sekrup yg 1 letaknya di tengah bawah, ketutup sama penutup kaki. Songkel penutup kakinya baru kelihatan sekrupnya. 
  • Cari modul Power Suplynya, karena masalahnya ada di sini.


  • Cek apakah ada Elco yang melembung, kalau ada segera ganti. Kalau tidak ada elco yang sesuai cari yang ukurannya lebih besar, misal 870uF/10v bisa diganti dengan 1000uF/16v, malah lebih bagus. 
  • Elco yang melembung menyebabkan tegangan turun yg tadinya 12v jadi dibawahnya, dan yang tadinya 5v jadi dibawahnya juga. Dan inilah penyebab LCD tidak mau mendorong INVERTER nya (kalau monitor CRT = Flybacknya), karena tegangan kerja turun.


  • Kalau sudah di ganti bisa langsung di coba, dan kalau masih belum nyala, cek fuse / sekring setelah tegangan 12v dari Trafo Power supply, biasanya putus.


 
Selamat mencoba ...............

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...