Dibutuhkan Teknisi Komputer Segera Kirim CV ke scs.bali@gmail.com

Cara Service Monitor AOC 15 Mati

Bahasan kali ini adalah tentang Cara Service Monitor AOC 15" yang mati. Kerusakan ini sering sekali terjadi dan bagaimana cara servicenya? Mari belajar bersama...

Indikasi Kerusakan :
 
Pada saat monitor dinyalakan, monitor kelihatan tidak bereaksi atau mati, dan terdengar bunyi lemah tik...tik...tik...dst didalam box monitor.

Cara Service Monitor AOC 15 Mati :
  • Bongkar monitor dengan membuka keempat sekrupnya.Cek Bagian Transistor Horisontal, karena kalau ada indikasi bunyi lemah tik...tik...tik...dan seterusnya di dalam box monitor, itu pertanda bahwa power suply bekerja normal, hanya saja terhambat oleh salah satu komponen yang konslet. Dan biasanya yang konslet adalah Transistor Horizontal.
  • Kalau anda masih pemula, lepas dulu transistornya trus baru di cek. Cara cek transistor horizontal silahkan cari didaftar isi blog ini.
  • Kalau monitor AOC ini, rusaknya Transistor horizontal adalah akibat dari retaknya solderan dioda kaki 3 yang bentuknya mirip transistor. Kalau Transistor Horizontal rusak ganti saja, tapi sebelum menyalakan monitor, solder ulang dulu dioda kaki 3 tersebut yang letaknya di dekat transistor horizontal tersebut.




  • Monitor siap di coba.....



Kalau anda kesulitan mencari type transistor horizontal yang sejenis, ganti dengan salah satu seri ini: c5149, c5148, BU2520AF, BU2527AX, dll

Selamat mencoba...

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...